History and Decesion Car Advertising

History of Car Advertising (Sejarah Pasang Iklan di Mobil)

Teman-teman pembaca pasti pernah lihat ada iklan sebuah produk terpampang di sebuah mobil yang sedang berjalan. Hal ini tidak terbuat serta merta begitu saja. Melainkan karena adanya yang mengawali munculnya iklan di mobil atau yang sering disebut dengan nama Car Advertising.

Pertanyaannya dari mana kah ide ini muncul?

Sebelum kita mengetahui dari mana kah ide ini muncul mari kita lihat metode pembuatan iklan yang telah ada.

Di masa lalu orang memasang iklan menggunakan spanduk atau bendera yang dipasang di gedung atau jalan-jalan juga di jembatan penyebrangan. Juga ada iklan yang dapat dipasang melalui standing banner di depan kios atau pintu masuk mall dan apartement. Dan juga pemasangan iklan juga melalui televisi dan radio. Namun ada juga iklan yang menggunakan balon udara berisi gas nitrogen yang dipasang di area halaman gedung atau kavling. Tidak lama kemudian, iklan juga bergerak menuju Videotron, Billboard dan Baliho di jalan-jalan utama.

Image result for balon udara iklan di depan gedung
Contoh Iklan di Balon Udara
Lalu di masa digital seperti saat ini, iklan bergerak di dunia Maya, di dunia internet seperti di sosial media (Facebook, Instagram, Twitter, google) dan lain-lain.

Saat ini kita mulai melihat penggabungan ide iklan digital dengan iklan konvensional, yang dapat dilihat oleh semua orang, semua usia, dan semua kalangan tanpa melihat status sosial apapun, jadi tidak hanya selalu harus buka internet atau sosial media, juga tidak selalu harus di jalan-jalan utama dengan videotron, baliho, billboard atau spanduk yaitu dengan cara memasang iklan di mobil atau yang disebut dengan Car Advertising

Ide ini diawali oleh startup asal Amerika yaitu Wrapify yang dibangun oleh James Heller pada tahun 2015. Wrapify terus berkembang hingga akhirnya pada 7 Maret 2017 lalu, Wrapify mendapatkan pendanaan sebesar US$ 3 juta (sekitar Rp 40 Milyar) dari Avery Dennison. Dari sanalah mulai terkenal nama Car Advertising.

Kenapa saya bilang ini adalah gabungan dunia digital dan konvensional?
Karena iklan yang dipasang di kendaraan atau Car Advertising adalah iklan yang dibuat dengan metode digital dan di print dengan digital print menjadi sebuah stiker iklan yang dapat dipasangkan di kendaraan anda sehingga dapat dilihat dimanapun kendaraan anda berada. Bahkan Car Advertising juga sudah berkembang menjadi Motorcycle Advertising dimana kita dapat melihat iklan yang terpasang di bagian belakang sepeda motor maupun di jaket pengedara sepeda motor.

Contoh Car Advertising
Secara logika metode beriklan ini tetap mempunyai plus minus bagi perusahaan pemasang iklan. Plusnya adalah iklan dapat berpindah-pindah menyasar jalan-jalan yang tidak dapat dicapai atau dipasang iklan billboard atau videotron yang sangat kemungkinan hanya di jalan-jalan besar saja. Minusnya adalah mobil pemasang iklan tidak dapat selalu berjalan setiap hari khususnya di jalur yang berperaturan ganjil genap dan juga di malam hari kemungkinan mobil itu tidak selalu di jalan.

Namun dari pada itu semua, akhirnya kita dapat memastikan bahwa Car Advertising pasti lebih efisien dan efektif dibandingkan dengan memasang iklan di papan reklame, spanduk di jalan, balon udara di kavling, standing banner yang ada di depan kios, dan juga lebih menguntungkan dibandingkan memasang iklan di televisi swasta ataupun di radio yang pasti memiliki harga cukup tinggi, baik untuk jasa pembuatan iklannya juga pemasangan iklannya di tv swasta tersebut.

Dunia bisnis iklan yang dipasangkan menggunakan media mobil atau yang disebut dengan nama car advertising menjadi salah satu media periklanan yang efektif di zaman sekarang. Namun kita mesti melihat car advertising macam apa yang ditawarkan, bisa saja hanya pasang iklan baik berupa stiker iklan yang ditempelkan di mobil maupun bracket yang ditampilkan di motor tanpa adanya pengawasan dari jasa pemasang iklan. Ataupun ada perusahaan car advertising yang dapat dipercaya untuk menjadi platform pemasangan iklan di mobil yang dipantau melalui aplikasi menggunakan GPS handphone yang didaftarkan.

contoh car advertising terpercaya

Comments